Nov 24, 2006

sekali nipu tetap nipu

kantor lagi ada kerjaan dengan Pemda
sebenernya kita gak merencanakan sih... ikut tender pemda yang sudah terkenal super ribet dengan segala administrasinya.
blum lagi banyak kisah horor. bukan tentang gedung pemda nya tapi tentang 'kickback' dan potongan lain-lainnya.
tapi.... ada yang ngajak, senior engineer. Belakangan baru ketauan, dia juga blon pernah 'berlaga' di arena Pemda. Proyeknya gak besar... kelas penunjukan langsung Rp 50 jt ke bawah. tapi ada... 4 kerjaan dari 2 instansi pemda yang berbeda

kirain dia dah biasa, jadi kita manut aja, dengan harapan urusan non teknis bisa beliau handle. eh.... lain semangka lain durian... lain kejadiannya maksud saya!!
seperti biasa... kerja dulu...karena dah kepepet: "dana ini harus segera diserap, kalau tidak.... hangus!! dan tidak ada jatah tahun depan. mohon bisa disiapkan eksposs"..... gue bingung, maksudnya 'expose'... presentasi kali yeee,
urusan pembayaran dan administrasi dikerjakan sambil jalan.

seperti biasa.. sebagai anak yang rajin... [ heheh] kita hajar beramai-ramai pekerjaannya... begadang2x dikit tak mengapa. Masalah kerja teknis mungkin tak masalah. insyaAllah bisa diatasi

tiba saatnya dapat info bahwa data administrasi&teknis beserta proposal biaya harus segera masuk.
abdi:"Alhamdulillah saya sudah siapkan, pak....INi berkasnya"
pemda:"Data Perusahaan...oke... akte perusahaan... oke... domisili... PKP... NPWP.... tanda telah setor pajak... ok..... INKINDO.. sedang diurus... ok... SIUJK... SBU..mana?"
abdi: "belum selesai pak..., ini tanda terimanya"
pemda:"hmm..... waduh.. ini bisa jadi masalah, saya cek dulu ya......"

jantung gue... 'dug dug pret'...dari dulu gue paling males urusan birokrasi gini...biasa jadi orang teknis
pemda: "bisa diusahakan......"
fiuuuhhhh
stelah melalui proses nego lagi... akhirnya bisa keluar uang sebagian. Alhamdulillah

Tiba giliran proyek berikutnya ... dari instansi berikutnya

pemda:'Pak, perusahaan Bapak belum ada SIUJK & SBU nya'
abddi:'.... ngg.... terus...'
pemda:'cari bendera lain, yang sudah lengkap administrasinya. Jangan lupa kompetitornya sekalian...'

kompetitor????
pake bendera lain??

kasian deh gue... baru ngerti nyang begini-begini...
gak pernah terbersit dalam otak gue: pake perusahaan orang lain untuk mengerjakan proyek. lha wong dah punya bendera kok...ngapain kerja untuk nama perusahaan lain. alokasi dana nyang dah mepet tambah kepet aja dipotong 'handling fee' bendera orang.
dan ternyata.... hal yang dulu paling gue hindari jadi kenyataan. Bikin konspirasi bisnis: mengatur tender!!!
gue dulu nyinyir sekali melihat kondisi ini: tender yang diatur. Dan sekarang gue sendiri harus melakukannya, bukan sebagai pihak yang dijadikan kompetitor, tapi pihak yang mengatur supaya bendera yang dikendarainya yang maju!!!

Ya Allah... ampuni hambamu yang bodoh ini.gue gak tau apakah ini 'bener' atau enggak sih..


Dan saat ini... terlihat seperti hal yang wajar kalau gue menyerahkan beberapa berkas proyek dengan tanda kop perusahaan yang berbeda-beda ...hayo tebak: perusahaan manakah tempat saya bekerja????

Dan tentu saja... setelah 1 kebohongan... akan timbul kebohongan-kebohongan lain untuk menutupi kebohongan pertama tadi... dan lagi... dan lagi... dan lagi...

4 comments:

priyatnadp said...

waduh repot juga yah, ..!$%#@%*^@&(... nggak ngerti deh dengan SIUJK&SBU, kalo JLCPTBU sih ngerti.

rudy-tim penyusun said...

gitu deh wakakakakaa..... [masih bingung....ini bener gak seeh]

ikeow said...

ih dosa siah ;P

rudy-tim penyusun said...

ih meni kitu... wuhaakkakaaka
btw... loe2x pada baru kedatangan tamu yang menyebalkan ya... sampe sempet2xnya cari pelampiasan ke blog gue whuakakakaekeke